SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING
Abstract
Dalam suatu perusahaan yang berkembang, apresiasi pegawai sangat dibutuhkan untuk meningkatkan moral dan kinerja. Penilaian yang akurat dibutuhkan untuk dapat menunjuk pegawai terbaik. Namun, penilaian akan menjadi lebih kompleks seiring dengan bertambahnya pegawai dan beragamnya komponen penilaian. Pada CV. Jenderal Software, penilaian pegawai tersebut masih dilakukan secara manual, sehingga menjadikan proses penilaian kurang efektif dan efisien. Untuk memaksimalkan proses penilaian pegawai terbaik, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pegawai Terbaik merupakan suatu sistem yang dapat membantu dan memudahkan perusahaan dalam melakukan proses tersebut. Tujuan dari paper ini adalah untuk membuat sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan algoritma Simple Additive Weighting untuk meningkatkan keakuratan, efisiensi, serta efektifitas sistematika penilaian pegawai yang terjadi pada perusahaan CV. Jenderal Software. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung serta wawancara kepada pengguna, yaitu pimpinan perusahaan. Data yang didapatkan kemudian diproses dan dianalisis sehingga dapat dijadikan dasar pembuatan sistem. Hasilnya, sistem dapat meningkatkan keakuratan, efisiensi, dan efektifitas proses. Hasil pengujian Blackbox menunjukkan bahwa system telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan dari hasil pengujian User Acceptance Test, didapatkan nilai preferensi 97,5% dengan indikator “Sangat Baik” yang menunjukkan bahwa system tersebut sudah sesuai dan layak dipakai.
Downloads
References
Y. I. Kurniawan and P. A. Windiasani, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Kelolosan Beasiswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menggunakan Metode Fuzzy,” J. Tek. Elektro, vol. 9, no. 1, pp. 13–17, 2017, doi: 10.15294/jte.v9i1.9322.
D. Satiti and Y. I. Kurniawan, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan SMA N 2 Sukoharjo Dengan Menggunakan Metode Fuzzy,” in Seminar Nasional Geotik, 2017, pp. 234–241.
N. A. Setiawan, P. A. Venkatachalam, and A. F. M. Hani, “Diagnosis of Coronary Artery Disease Using Artificial Intelligence Based Decision Support System,” Proc. Int. Conf. Man-Machine Syst., no. October, pp. 1C3 1-1C3 5, 2009.
Z. Qatawneh, M. Alshraideh, N. Almasri, L. Tahat, and A. Awidi, “Clinical decision support system for venous thromboembolism risk classification,” Appl. Comput. Informatics, vol. 15, no. 1, pp. 12–18, 2019, doi: 10.1016/j.aci.2017.09.003.
C. Mcwilliams, I. Gilchrist, M. Thomas, and R. Santos-rodriguez, “User-centric design of a clinical decision support system for critical care treatment optimisation User-centric design of a clinical decision support system for critical care treatment optimisation .,” in 1st International ‘Alan Turing’ Conference on Decision Support and Recommender Systems, 2019, no. November, pp. 1–6, doi: 10.13140/RG.2.2.18770.09923.
Y. I. Kurniawan, “Decision Support System for Acceptance Scholarship With Simple Additive,” in International Conference on Science, Technology and Humanity, 2015, pp. 99–108.
A. Fitrul Hadi, R. Permana, and H. Syafwan, “Decision Support System in Determining Structural Position Mutations Using Simple Additive Weighting (SAW) Method,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1339, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1339/1/012015.
O. Sofian, J. Joseph, and F. Fauziyah, “Analysis of Decision Support System in Determining the Nutritional Status of Toddlers Using Simple Additive Weighting,” CommIT (Communication Inf. Technol. J., vol. 14, no. 1, p. 9, 2020, doi: 10.21512/commit.v14i1.6069.
B. A. rohman Eko Siswanto, “Sistem Informasi Pembayaran Tiket pada The Sea Pantai Cahaya Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 25–34, 2019.
S. Devi and H. T. S. Sihotang, “Decision Support Systems Assessment of the Best Village in Perbaungan sub-district with Simple Additive Weighting (SAW) Method,” J. Mantik, vol. 3, no. 3, pp. 112–118, 2019.
P. Ambika et al., “The best of village head performance: Simple additive weighting method,” Int. J. Recent Technol. Eng., vol. 8, no. 2 Special Issue 3, pp. 1568–1572, 2019, doi: 10.35940/ijrte.B1286.0782S319.
Y. I. Kurniawan, A. Rahmawati, N. Chasanah, and A. Hanifa, “Application for determining the modality preference of student learning,” in Journal of Physics: Conference Series, 2019, vol. 1367, no. 1, pp. 1–11, doi: 10.1088/1742-6596/1367/1/012011.
Y. I. Kurniawan, E. Soviana, and I. Yuliana, “Merging Pearson Correlation and TAN-ELR algorithm in recommender system,” in AIP Conference Proceedings, 2018, vol. 1977, doi: 10.1063/1.5042998.
R. H. Khouf and Y. I. Kurniawan, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Calon Penerima Bantuan Bedah Rumah Di Kecamatan Sambirejo Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.
Y. I. Kurniawan and T. I. Barokah, “Klasifikasi Penentuan Pengajuan Kartu Kredit Menggunakan K-Nearest Neighbor,” J. Ilm. Matrik, vol. 22, no. 1, pp. 73–82, 2020, doi: 10.33557/jurnalmatrik.v22i1.843.
F. Y. Al Irsyadi, S. Supriyadi, and Y. I. Kurniawan, “Interactive educational animal identification game for primary schoolchildren with intellectual disability,” Int. J. Adv. Trends Comput. Sci. Eng., vol. 8, no. 6, pp. 3058–3064, 2019, doi: 10.30534/ijatcse/2019/64862019.
M. D. Taufikulloh and B. Wijayanto, “Sistem Informasi Manajemen Fasilitas Sertifikasi Halal, Hak Merek, Kemasan Produk Pelaku Usaha UMKM,” J. Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 35–43, 2020.
K. R. E. Septiani and F. Y. Al Irsyadi, “Game Edukasi Tari Tradisional Indonesia Untuk Siswa Tunarungu Kelas VI Sekolah Dasar,” J. Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 7–12, 2020.
F. Y. Al Irsyadi, A. P. Priambadha, and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi Bahasa Arab untuk Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nahdlatul Ulama Cepgo,” J. Manaj. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 55–66, 2020, doi: doi: 10.34010/jamika.v10i1.
F. Y. Al Irsyadi, D. Puspitassari, and Y. I. Kurniawan, “ABAS (Ayo Belajar Sholat) : Game Edukasi Pembelajaran Sholat Untuk Anak Tuna Rungu Wicara,” J. Manaj. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 17–28, 2019, doi: 10.34010/jamika.v9i1.1537.
F. Y. Al Irsyadi, R. Annas, and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengenalan Benda-Benda di Rumah bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar,” J. Teknol. dan Inf., vol. 9, no. 2, pp. 78–92, 2019, doi: 10.34010/jati.v9i2.1844.
Copyright (c) 2020 Arfandi Ahmad, Yogiek Indra Kurniawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.