Frequently Asked Questions

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering diajukan beserta dengan jawabannya :

Tanya = Kapan saja JUTIF menerbitkan Artikel?
Jawab = JUTIF menerbitkan artikel 2 bulan sekali, setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, dan Desember. Publikasi umumnya dilakukan antara tanggal 22-28 di bulan-bulan tersebut.

Tanya = Apakah JUTIF masih menerima artikel?
Jawab = JUTIF menerima artikel setiap saat. Silakan untuk mengirimkan artikel melalui menu "Make a Submission" di pojok kanan atas pada website JUTIF.

Tanya = JUTIF Sinta Berapa?
Jawab = JUTIF terakreditasi SINTA 2 sejak edisi Juni 2023 sampai Februari 2028.

Tanya = Apakah ada bukti JUTIF terakreditasi SINTA 2?
Jawab = Bisa dicek melalui laman Arjuna : https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/8538. SK Resmi dari DIKTI dapat dilihat melalui : https://arjuna.kemdikbud.go.id/#/pengumuman/678. Sertifikat dan SK akreditasi JUTIF dapat juga dilihat di menu sidebar sebelah kanan atau dapat diunduh melalui : https://drive.google.com/drive/folders/1wryQXJE1mBwmKMNnpuX5iQLOPuov_1ip?usp=drive_link

Tanya = Bagaimana cara mengirimkan artikel ke JUTIF?
Jawab = Cara untuk mengirimkan artikel ke JUTIF :
a. Register Akun di menu pojok kanan atas.
b. Login.
c. Klik "Submit New Submission"
d. Isi Data sampai di tahap terakhir.

Tanya = Jika saya submit sekarang, akan dimasukkan ke edisi kapan?
Jawab = Untuk update kuota publikasi di JUTIF, bisa dilihat via link : https://bit.ly/UpdateJutif.
Pada setiap edisi terdapat 10 kuota untuk jalur Normal, 10 kuota untuk jalur fasttrack, dan 5 kuota untuk "Selected Paper".

Tanya = Apa itu "Selected Paper"?
Jawab = Selected paper merupakan kuota yang dapat digunakan oleh paper yang di dalamnya terdapat author dengan 2 afiliasi negara dan ditulis dengan bahasa Inggris. Selected Paper akan langsung dipublikasikan di edisi paling dekat dan diproses secara fasttrack. Informasi lebih lanjut dapat mengakses : https://jutif.if.unsoed.ac.id/index.php/jurnal/announcement/view/7

Tanya = Apakah ada jalur fasttrack di JUTIF? Berapa lama proses review dan biayanya?
Jawab = Di JUTIF ada jalur normal, fasttrack, dan selected paper.
Jalur Normal : Proses Review sekitar ± 3-8 minggu. Dipublikasikan sesuai urutan kuota normal. Biaya + Publikasi Rp 1.500.000
Jalur Fasttrack : Proses Review sekitar ± 1-2 minggu. Dipublikasikan sesuai urutan kuota fasttrack. Biaya + Publikasi Rp 2.500.000 
Jalur Selected Paper : Proses Review sekitar ± 1-2 minggu. Dipublikasikan di edisi terdekat.

Tanya = Biaya tersebut apakah hanya biaya submit saja atau sudah termasuk biaya publikasi?
Jawab = Biaya tersebut sudah termasuk biaya publikasi. Tidak ada tambahan biaya yang lain.

Tanya = Kalau artikel saya submit sekarang dan mengambil fasttrack yang dimasukkan ke edisi 4 bulan lagi, apakah artikel saya diproses menjelang penerbitan?
Jawab = Artikel akan langsung diproses langsung setelah submit, walaupun artikel tersebut dialokasikan untuk edisi 4 bulan lagi.

Tanya = Apabila artikel saya accepted di bulan ini, tetapi dipublikasikan masih beberapa bulan lagi, apakah saya bisa menerima LoA di bulan ini?
Jawab = LoA diberikan sekitar 1-5 hari setelah artikel accepted. Tidak harus menunggu sampai artikel tersebut dipublikasikan.

Tanya = Bagaimana proses paper di JUTIF dan berapa lama LoA bisa dikirimkan ke author?
Jawab = Proses paper di JUTIF :

Proses Lama Waktu
1. Author submit. (Apabila mengambil fasttrack/selected papers, silakan menghubungi kontak person kami, +6285640661444, kemudian akan diminta melakukan pembayaran biaya publikasi. Apabila mengambil normal, tidak perlu menghubungi kontak person kami.) Sesuai author
2. Editor pre-review, apabila tidak sesuai scope akan di reject, apabila sesuai scope akan dikirim ke reviewer. 1-3 hari
3. Reviewer mengisi review. 1-2 Minggu (Fasttrack) / 3-8 Minggu (Normal)
4. Editor decision (revisi/reject) berdasarkan hasil review dan dikirimkan ke author. 1-3 Hari
5. (Apabila revisi) author mengirimkan revisi. Sesuai author
6. Editor melakukan pengecekan. Apabila sudah sesuai, editor akan accept paper. apabila belum sesuai, dikirimkan kembali ke author sampai accepted/decline. 1-3 Hari
7. Pembayaran (apabila normal). Apabila mengambil jalur fasttrack, tidak perlu melakukan pembayaran lagi, Sesuai author
8. Pengiriman LoA. 1-5 Hari
9. Proses proofreading dan layouting sampai dipublikasikan. Sesuai Waktu Publikasi https://bit.ly/UpdateJutif.

LoA diberikan pada tahap 8 setelah paper di-accept oleh editor.
Apabila di-accept hari ini, LoA bisa keluar 1-5 hari setelah itu, walaupun publikasinya masih lama, semisal masih edisi Desember 2025.

Tanya = Bagaimana langkah untuk mengambil fasttrack?
Jawab = 
1. Submit artikel via Website
2. Hubungi Nomor +6285640661444 via Whatsapp/Telegram
3. Beritahukan akan mengambil Fasttrack dengan menyebutkan judul artikel
4. Editor akan melakukan pre-review. Apabila lolos pre-review, maka akan diberitahukan nomor rekening untuk melakukan pembayaran.
5. Author melakukan pembayaran, dan konfirmasi via Whatsapp/Telegram
6. Paper masuk fasttrack.

Tanya = Apabila sudah melakukan pembayaran biaya publikasi untuk fasttrack, apakah ada kemungkinan untuk ditolak? Apabila ditolak, apakah biaya publikasi bisa dikembalikan?
Jawab = Untuk fasttrack, Setelah submit artikel, kami akan lakukan pengecekan substansi.
Apabila artikelnya sesuai scope di JUTIF dan sekiranya bisa dipublikasikan, maka baru akan kami mintakan biaya publikasi. Apabila artikel tidak sesuai scope, maka akan langsung kami reject, sehingga tidak perlu melakukan pembayaran.
Setelah pembayaran dilakukan, maka akan masuk ke tahap review, dan artikel akan di-accept apabila sudah melakukan revisi berdasarkan hasil review oleh reviewer. 
Selama belum sesuai, maka akan tetap kami mintakan revisi sampai nantinya di-accept oleh editor.
Artikel mungkin saja di reject berdasarkan hasil review. Apabila di reject, uang akan dikembalikan.

Tanya = Bagaimana mengetahui apakah topik saya termasuk ke dalam scope yang bisa dipublikasikan di JUTIF atau tidak?
Jawab = Anda bisa mengecek judul-judul yang bersesuaian/mirip dengan judul Anda di :
1. Terbitan kami sebelumnya melalui link : https://jutif.if.unsoed.ac.id/index.php/jurnal/search
2. Melihat Focus and Scope di JUTIF melalui link : https://jutif.if.unsoed.ac.id/index.php/jurnal/about

Tanya = Kenapa artikel saya di-decline/di-reject? Padahal artikel saya sudah sesuai format dan scope di JUTIF.
Jawab =
Setiap bulan JUTIF menerima lebih dari 100 artikel, sedangkan kuota artikel yang bisa di publish hanya 25 artikel, sehingga kami jadi lebih selektif terhadap artikel. Setiap artikel akan dilakukan initial review oleh tim editor. Apabila pada tahap initial review, berdasarkan diskusi tim editor paper tersebut kurang lengkap dalam pembahasan dan pengujian / referensi kurang / metode kurang lengkap / kontribusi kurang / diskusi kurang, terpaksa di-decline oleh tim editor, walaupun scope nya masuk ke Jutif. Bukan berarti artikelnya tidak baik, tetapi hanya karena keterbatasan JUTIF dalam jumlah publikasi yang bisa dilakukan di setiap edisi. Apabila artikel belum diterima di JUTIF, belum tentu akan ditolak di jurnal yang lain. Silakan bisa mencoba untuk submit di jurnal yang lain.

Tanya = Apakah ada nomor kontak yang bisa dihubungi?
Jawab = Bisa menghubungi 085640661444 via Whatsapp